Kerang Rebus Medan

Sudah pernah nyobain Kerang Rebus Medan?

Kerang rebus Medan sama saja seperti kerang rebus biasa hanya sambal kerangnya yang bikin beda. Setahuku ini hanya ada di Medan, padahal bahan-bahan untuk membuat sambal biasa aja, gak ada yang istimewa, diseluruh Indonesia juga pasti ada.

Membuatnya juga gampang.

Tapi kenapa gak ada di daerah atau kota lain ya?

Apa karena rasanya tidak cocok dengan lidah selain orang Medan?

Atau mungkin orang Medan yang kurang mengenalkan makanan Medan?

Jangan-jangan anak Medan malu dan takut untuk mempromosikan kuliner kotanya?

Apa iya, anak Medan pemalu dan penakut?

Ya sudahlah, Medan memang aneh.

Dari pada aku dihajar sama anak Medan, mendingan aku lanjutkan menulis tentang Kerang Rebus Medan saja.

Yang perlu disiapkan

  • Rebus kerang sampai matang
  • Giling halus cabe merah kalau mau lebih pedas campur dengan cabe rawit
  • Parut nenas dan kemudian dipanaskan
  • Kacang tanah disangrai dan tumbuk sampai halus
  • Campurkan seluruh bahan (cabe, nenas dan kacang) ketika akan disajikan
  • Any question?

Silahkan nikmati sebagai lite bite atau sebagai menu makan siang


jangan lupa makan sayur juga, ya  :)

Selamat Makan

About these ads

    • sudah di jaman technology begini masih begini pertanyaan nya ?
      Waktu pagi dibeli langsung di masukkan kedalam temperature ruangan supaya dingin dan segar selama 24 jam

  1. Aduucchh.. Ngidam ini lagi suru suami orang beli kerang rebus + sambel’a :D untung aku org medan jadi selingkuhan aku gg susah nyarinya :p

  2. Kenapa ga ada di daerah lain…?
    Hmm..
    Mertua ku yang asli Pacitan, tinggal di Jogja, tapi pernah bermukim di Medan, setiap datang ke Medan pasti yang pertama dikejar kerang rebus.
    Setiap mampir ke Medan selalu menyempatkan ke pasar, terus beli kerang dan dimasak sendiri plus bumbunya. Aku sampe heran trus nanya, “Kok semangat amat? Kalau mau makan kerang di Jogja kan bisa bikin saus sendiri juga?”

    Jawaban ibu mertuaku: Kerang di sana (Pacitan & Jogja) ga enak kalau dimasak begitu. Mungkin itu alasannya… Malah ibu mertuaku kemarin di Medan beli kerang banyak, terus digoreng tok buat oleh-oleh ke Jogja. Kali memang beda rasa kerangnya ya, sampe dibela-belain gitu…

  3. kerang rebus medan favoritku bgt apalalgi kerang rebus simpang limun medan. makanya kalo pulang ke medan aku ga pernah mw ketinggalan mampir kesitu. di Serang ga ada kerang rebus yang rasanya kaya kerang rebus medan. Btw mank resepnya itu doank yah? aku jadi pengen bikin deh…

  4. Ping-balik: Pisang Bakar Medan « RestaurANN

  5. Ping-balik: Sate Kerang Tanjung Balai « RestaurANN

  6. katanya sih nenasnya dimasak ditambah gula merah secukupnya…tapi asli, kerang rebus Medan emang joss! saya punya tempat favorit di Simpang Limun. klo di jakarta sih emang yg di Kalimalang.

  7. Ping-balik: MASAKAN INDONESIA YANG MUDAH >> Blog Makanan & Minuman Enak | Yulissamoa.Com

  8. Ping-balik: Tahu Oyster « RestaurANN

  9. Ping-balik: from Eight to Eight… « PrimeEdges

  10. waduh, kalau soal kerang, saya kapok beli sendiri, direbus sendiri, pernah keracunan soalnya.

    jadi kalau mau makan kerang harus ke restoran. Ayo kapan mau nraktir saya?

  11. Jadi sambalnya itu kaya cocolannya gt mas? atau keragnya ditumis barengan bumbu2 itu? *maaf saya agak bingung bacanya…

    saya berpikir mau ganti udang… udang lebih murah disini :P

  12. saya paling doyan sama sambel kerang rebus sehingga harus kecewa jika makan kerang di Jakarta karena bumbunya beda bangett :D

    makasi ya udah ngasi tau resepnya, nanti mo nyobain aaah …

  13. di seafood kaki lima kali malang – bekasi, itu sambal kerang rebus secara tampilan mendekati sambal kerang rebus medan … ada parutan nanas, ada kacang, ada cabe sambal rebus .. tapi yang paling aneh selalu disertai dengan saos/sambal botol .. jadi kagak matching di lidah .. berasa saos kfc rasa nanas kacang deh …

  14. aduh mas, bukannya sombong nih, saya dulu pernah makan kerang, eh… malah mabok saya mas. sampe sekarang ga pernah lagi, padahal ama kepiting, udang dan makanan laut lainnya saya suka, kenapa ya dengan kerang?

  15. Tadi aku udah komen, sinyal lemot. Opung dulu sering dapat kiriman kerang berkarung2 dari besannya dari tanjung balai, malam2 sibuk rebus kerang dan buat sambal nanas. Alamak enak kali. Jadi pengen… Eh..eh..malah langsung kangen juga sama gule kepah.

  16. Hahahah jangan gitulah… sapa bilang orang Medan penakut.
    Biasanya bikin masakan kerang rebus itu sekaligus bikin seafood dll, jadi kalo dipisah kerang saja ga lengkap…. tp gak semua bisa masak seafood. :D

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s