Penghujung Ramadhan

Sudah hampir sampai dipenghujung Ramadhan.

Mudah-mudahan ibadah selama Ramadhan kali ini berjalan dengan baik dan bisa melanjutkannya di bulan-bulan yang akan datang jadi tidak hanya berhenti sampai di Ramadhan saja.

Rasanya cukup sering kita mendengar kata-kata “Eh gak boleh marah ntar puasanya batal”, “Gak boleh bohong kan lagi puasa”, dan larangan-larangan lain yang tidak dibolehkan karena sedang berpuasa.

Terus apakah dengan berakhirnya puasa (bulan Ramadhan) apakah marah, bohong, dan larangan lainnya jadi dibebaskan?

Anda pasti sudah tahu jawabannya.

Hampir mirip dengan kebiasaan tersebut beberapa makanan dan jajanan juga banyak muncul di bulan puasa ini dan setelah itu hilang begitu saja, salah satunya (mungkin) yang paling populer di bulan puasa apalagi kalau bukan kolak.

Mungkin kalau sedang merencanakan acara berbuka puasa bersama dan ditanya menu berbuka, hampir bisa dipastikan yang pertama sekali terlintas adalah kolak ini.

Dan memang cukup mudah untuk  menemukan menu yang satu ini di saat Ramadhan, mulai dari yang dijajakan di pingir jalan, warung, rumah makan bahkan sampai ke restoran-restoran di hotel berbintang.

Lengkap dengan segala macam rasa dan penampilan, gak cuma pisang, labu, ubi, apel sampai durian dan bahan tambahan lainnya.

Tapi setelah Ramadhan usai, keinginan untuk menikmati kolak juga sepertinya juga berhenti juga dan akan kembali setahun lagi. Terus seperti itu, entah kenapa.

Mudah-mudahan tahun ini aneka makanan dan jajanan berbuka puasa yang selama ini menjadi incaran selama bulan puasa dapat dinikmati setiap saat dan bukan hanya di bulan Ramadhan saja.

Begitu juga dengan ibadah, tingkah laku, ucapan dan kebiasaan baik kita, mungkin sudah saatnya untuk tidak hanya dilakukan di saat Ramadhan namun sudah semestinya bisa dilanjutkan di bulan-bulan berikutnya.

Minal Aidin Wal Faizin, Mohon Maaf Lahir dan Bathin

About these ads

  1. apel dikolak? baru tau saya :D

    insya Allah, kita semua dapat menjadi lebih baik lagi dan lagi setelah melewati Ramadhan
    walau setan2 tidak dikurung lagi, bukan berarti kemudian kita ketularan sifat setan lagi kan :D

    selamat menyambut idul fitri ya Ann, semoga kemenangan menyertai kita semua , aamiin :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s