Keep the Changes

Perlu tidak memberikan tips kepada pelayan? Terserah anda sebagi tamu.Tips itu bonus bagi pelayan, kalau anda puas dengan produk yang dibeli atau senang dengan pelayanan yang diberi ya silahkan berbagi, tidak salahkan memberikan bonus.

TIPS: To Insure a Proper Service (untuk memastikan pelayanan yang baik)

Tips bisa membuat perbedaan dalam pelayanan yang diberikan kepada tamu. Makanya dibeberapa restoran dan hotel dengan jelas menyarankan kepada tamu untuk memberikan tips kepada karyawannya.

Di hotel/restoran yang membebaskan tamu memberikan tips, silahkan memberikan tips dan Anda akan mendapat pelayanan yang lebih baik

Misalnya Anda datang ke satu restoran yang sedang ramai dan kesulitan untuk mendapatkan meja, dengan mendekati seorang karyawan dan memberikan uang Rp 50 ribu Anda tidak akan perlu menunggu terlalu lama untuk mendapatkan meja di restoran tersebut.

Apabila Anda memiliki satu restoran favorit yang sering Anda kunjungi dan ingin mendapatkan pelayanan yang baik layaknya orang penting, rajin-rajinlah memberikan tips kepada pelayan di restoran tersebut, dan jangan lupa memperkenalkan nama Anda. Kunjungan berikutnya Anda akan disambut seperti seorang selebriti.

Berapa tips yang harus diberikan ?

Di beberapa negara tips malah menjadi budaya, Amerika dan Rusia salah satu tamu yang paling sering memberikan tips, tamu Jepang tidak memberikan tips dalam bentuk uang tapi lebih senang memberikan sebuah barang, Australia juga tidak terbisa dengan tips, tapi semua kembali kepada individu tamu.

Saudara saya pernah khusus menelfon dan menanyakan berapa tips yang harus diberikan kepada bellboy yang sudah membantu menggangkat barang-barangnya ke kamar, saya bilang tergantung seberapa banyak dan berat barang yang dibawa, kalau barang yang dibawa ternyata menguras tenaga dan nafas si bellboy maka berilah minimal 25 ribu tapi kalau barang itu hanya tas yang bisa didorong cukup dengan Rp 10 ribu saja.

Tidak ada patokan jumlah dalam memberikan tips, sesuaikan saja dengan kepuasan yang Anda rasakan.

One response

  1. Ping-balik: Dining in Restaurant « ANNployee

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s