Tenaga Kerja Indonesia

Lagi-lagi kita berduka melihat saudara kita disiksa.

Lupakan sejenak pemerintah dan penyalur tenaga kerja. Saatnya kita coba bertanya kepada diri kita sendiri, sudah siapkah diri kita untuk bekerja di luar negeri.

Sudah cukupkah bekal keahlian yang kita punya untuk pergi keluar negeri. Sudah cukupkah pengetahuan kita tentang negeri yang akan dituju. Sudahkah kita memahami  budaya dan cara hidup mereka. Sudahkah kita mempelajari bahasa yang di negara tersebut.

Saya pernah menjadi TKI yang bekerja di hotel, saya cukup siap untuk bekerja karena sudah memiliki bekal sekolah pariwisata dan mampu berkomunikasi dengan bahasa Inggris dan saya juga masih harus mendapat pelatihan dari hotel tersebut sebelum sepenuhnya terlibat dalam operasional.

Sedangkan untuk menjadi PRT, saya tidak tahu pelatihan apa yang diberikan oleh agent penyalur tenaga kerja. Pelatihan menggunakan peralatan saya yakin iya, tapi bagaimana dengan bahasa, budaya dan cara hidup di negara yang dituju. Apakah juga dibekali oleh agent? Karena saya kira, begitu tiba di rumah majikan pasti langsung disuruh bekerja.

Saya percaya dan yakin, tenaga kerja Indonesia merupakan tenaga kerja yang rajin, telaten, rapi dan sabar, tidak kalah dengan bangsa lain malah mungkin kita lebih baik. Hanya saja saya mencoba memahami, bagaimana caranya melakukan pekerjaan dengan baik apabila kita tidak mengerti apa yang diminta oleh majikan.

Sekedar untuk memberi saran kepada saudara/i saya yang ingin bekerja keluar negeri, cobalah untuk mengukur kemampuan dan kesiapan diri sendiri, sudahkah siap untuk bekerja di negeri yang memiliki bahasa, budaya dan gaya hidup yang berbeda.

Sudah siap dan mampukah untuk menghadapi kejadian terburuk yang mungkin saja terjadi.

Hidup kita ada di tangan kita sendiri, apalagi ketika kita menjadi TKI, karena PJTKI dan peguasa negeri ini sibuk dengan urusannya sendiri.

4 responses

  1. Ping-balik: Rindu Malaysia «

  2. Pertamaaaaxxxx!!!😛
    Dan Malaysia – Arab Saudi telah menorekah CATATAN SEJARAH yang BURUK sehingga melukai banyak hati Rakyat Indonesia, sebab telah memperlakukan sesuatu yang diluar logika tanpa punya hati nurani sedikitpun atas penganiayaan bahkan sampai menyebabkan kematian… Jika memang para majikan yang sangat tidak ber-prikemanusiaan itu merasa bahwa PRT/TKI yang sedang bekerja padanya tidak becus, bukankah masih ada cara yang lebih baik? Pulangkan saja pada orang tua nya atau yah dipecat saja… Tanpa harus melakukan KEKERASAN terhadap PRT/TKI yang *mungkin* mereka anggap bodoh…😦

Tinggalkan Balasan

