Restaurant Complain

Tidak puas dengan makanan atau pelayanan restoran, silahkan complain.

Hanya saja walaupun sudah complain tapi koq tetap aja tidak puas, berarti ada yang salah dengan cara penyampaian keluhan atau menyampaikan keluhan kepada orang yang tidak tepat.

Supaya puas silahkan baca.

Hal terpenting adalah menyampaikan keluhan sesaat ketika menjumpai ketidakpuasan kepada orang yang tepat.

Bagaimana cara menemukan orang yang tepat.

Kebiasaan aku setiap kali masuk restoran adalah memperhatikan dan mencoba menilai  jabatan dari setiap karyawan yang ada di restoran tersebut atau cara yang paling gampang adalah mengenali pakaian seragam yang dikenakan. Jadi seandainya ada keluhan tinggal datang dan menyampaikan keluhan. Kalau hanya dengan meminta mereka yang datang menghampiri (terutama manager) sering harus menunggu.

Keluhan Makanan

Benda asing dalam makanan

1) langsung bicara kepada waiter, sampaikan secara jelas keluhan.

2) tanyakan solusi yang ditawarkan.

3) Kalau setuju dengan solusi tersebut maka persilahkan waiter tersebut menindaklanjutinya.

4) Kalau tidak setuju dengan solusi yang ditawarkan sampaikan solusi apa yang diinginkan.

Misalkan dimakanan pesanan ada benda asing, kalau hanya dengan menyingkirkan benda tersebut sudah cukup maka silahkan waiter tersebut membawa dan menyingkirkan benda tersebut, tapi seandainya ingin mengganti makanan tersebut dengan makanan yang baru maka mintalah untuk mengganti makanan tersebut. Keluhan seperti ini bisa diselesaikan oleh waiter atau head waiter.

Tapi seandainya benda-benda asing tersebut merupakan benda yang berbahaya seperti kaca atau alumunium maka sebaiknya bicara langsung dengan manager restoran.

Bahan yang tidak disebutkan di menu

Periksa kembali menu restoran tersebut apabila bahan tersebut tidak disebutkan di menu dan tidak suka dengan bahan tersebut, minta kepada waiter tersebut untuk mengganti dengan makanan baru tanpa bahan tersebut, sebaiknya bicara langsung dengan manager restoran.

Kebersihan makanan

Bicara langsung dengan manager restoran jelaskan permasalahannya dan tinggalkan restoran tersebut, bayarlah apa yang memang sudah dikonsumsi sedangkan yang tidak/belum dikonsumsi tidak perlu dibayar.

Keluhan pelayan dan pelayanan

Sampaikan langsung dan bicara langsung kepada manager restoran atau person in charge pada saat itu juga, semakin lama disampaikan maka semakin lama juga kekesalan di dalam hati.

Mengantasipasi keluhan

1. Kalau sedang terburu-buru, sampaikan langsung kepada waiter dan tanyakan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyajikan makanan yang dipesanan.

2. Memiliki pantangan atau alergi, sampaikan kepada waiter dan pastikan makanan yang dipesan tidak mengandung bahan pantangan.

3. Informasikan kalau tidak mau duduk di area merokok.

4.  Jangan sungkan untuk menanyakan besar-kecil porsi makanan. Misalkan, berapa gram daging yang disajikan atau berapa tusuk sate setiap porsinya.

5. Beberapa restoran yang menjual bahan segar seperti lobster, udang, kepiting dijual per gram. Tanyakan total harga sebelum memesan makanan tersebut. Biar tidak kaget waktu bayar tagihan.

Hal yang tidak perlu dilakukan

Membentak atau mengancam. Beberapa orang masih menganggap hal ini cukup efektif, tapi sebaiknya tidak perlu dilakukan.

Dengan menyampaikan keluhan secara baik dan tenang akan menyelesaikan keluhan lebih cepat, sebaliknya dengan membentak atau meninggikan suara hanya akan menciptakan masalah baru dan sama sekali tidak akan memberikan kepuasan.

Follow up

Kalau masih tidak puas silahkan publikasikan secara on-line, baik melalui homepage restauran/hotel tersebut.

Kalau masih dendam dan ingin menjatuhkan silahkan sebarkan lewat media lain, Trip Advisor, Twitter, FB, Blog dan lain-lain, hanya saja jangan cuma keburukan tapi kebaikan juga harus disebarkan.

Semoga terpuaskan

10 responses

  1. Untuk para pemilik restauran, semoga penyajian makanan / minuman selalu memegang teguh pada SOP yang dibuat. Bila perlu terus selalu disempurnakan.
    Ada kalanya kelompok pelanggan yang sengaja menambah benda asing pada makanan supaya diberikan pengganti porsi tambahan , atau di gratiskan. Biasanya komplainnya teramat berlebihan. Maaf bukan rasis, tapi etnis tertentu ( dan bukan pelanggan tetap / repeaters )perlu perhatian khusus sejak dari tahap memesan makanan, mengolah makanan dan memperlakukan pelanggan tersebut.

  2. saya pernah mendapat keluhan dari pelanggan
    Ini menyangkut saus dan sambal yang teramat pedas
    karena mereka mengira, saus dan sambalnya seperti kebanyakan di tempat lain, gak pedas😀

  3. …Tapi seandainya benda-benda asing tersebut merupakan benda yang berbahaya seperti KACA atau ALUMINIUM maka sebaiknya bicara langsung dengan manager restoran…:D

    Pernah ketemu Kecoak, rambut, akar sayuran.. Tapi kalau kaca atau aluminium pernah juga sih. Pas aku jadi kuda lumping…hehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s