Carnivore

How do you like it done?

How would you like it cooked?

Pertanyaan ini pasti akan ditanyakan oleh waiter apabila tamu memesan steak, tentu saja kalau tamunya orang bule. Kalau tamunya orang Indonesia maka bentuk pertanyaannya

“Bapak, mau dagingnya Medium atau Well done?”, atau “Bapak, mau kematangan daging seperti apa?” (walaupun jarang digunakan)

Kalau makan di restoran kematangan daging (sapi) pasti ditanyakan oleh waiter, karena setiap orang punya kesenangan dan selera yang berbeda. Dan masalah kematangan daging ini termasuk salah satu comment atau keluhan yang paling sering diterima Chef atau Restaurant Manager.

Kematangan daging secara umum dikategorikan menjadi

Extra Rare/Blue

Rare

Medium Rare

Medium

Medium Well

Well Done

Aku tidak mengartikan dalam bahasa Indonesia karena nanti maknanya jadi berbeda, dan istilah ini yang memang dipakai di restoran tidak pernah diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia. Tapi kalau mau coba ya silahkan saja ngomong ke waiter “Saya pesan daging panggang setengah matang?” dan lihat apa reaksi dari waiternya

Lantas apa yang beda dari masing-masing kategori tersebut. Secara ringkas mungkin bisa dilihat dari gambar dibawah ini.

thehealthybutcher.com

Dari segi teksture kelembutan daging maka urutannya dimulai dari Rare ke Well Done, jadi Well Done itu tekstur dagingnya keras dan itulah alasan tamu jarang memesan daging Well Done.

Beberapa orang (awam) Indonesia, yang pernah memakan, melihat atau sekedar mendengar tentang kematangan daging Rare, Medium Rare atau Medium memberikan komentar dagingnya masih berdarah, beberapa orang bule juga sering menggunakan kata bleeding, untuk menyebutkan cairan yang ada di daging tersebut.

Aku juga sempat menyebutnya sebagai darah sampai akhirnya seorang Chef (bule) menjelaskan bahwa cairan tersebut disebut Meat Juice (water, fat dan myoglobin). Penjelasan lebih lanjut aku tidak tahu, yang pasti sekarang aku menggunakan kata meat juice bukan darah setiap kali menjelasakan cairan tersebut.

Secara internasional kategori terbaik (The Perfect Steak) adalah Medium Rare atau Medium. Tetapi orang bule punya selera dan kesukaan yang cukup beragam dalam menikmati daging makanya waiter selalu menanyakan “How do you like it done?”

Sementara kebanyakan orang Indonesia lebih simple, buat yang sudah terbisa pilihannya adalah Medium dan buat yang tidak mau memakan daging yang masih ber meat juice pasti memilih Well Done.

Yang sering menjadi keluhan atau comment dari tamu adalah ketidaksesuaian kematangan daging antara yang dipesan dengan yang dihidangkan. Daging terlalu keras, kurang lembut, kurang matang, terlalu becek banyak meat juicenya dan lain-lainnya.

Aku sendiri menentukan kematangan yang akan dipesan tergantung dari kualitas daging yang dipakai di restoran tersebut, apakah daging lokal, imported beef, Wagyu, Kobe atau Angus.

Apa aja beda daging tersebut?

Bagaimana cara memasak daging yang benar?

Besok-besok aja ya, sekarang mendingan ke warung Padang makan rendang.

Selamat makan.

Gambar dan penjelasan tentang daging dalam bahasa Inggris click

20 responses

  1. Ping-balik: Mengenal Wagyu «

  2. hmmmm… pengetahuan lagi deh…😀
    dulu kalo anak brazil BBQ-an pasti deh “medium” soalnya kalo dimakan, darahnya keluar2, hahahahah… pertama rada keliyeng2, cuma lama2 biasa… kata mereka yang begitu yg the best! halah…pas aku BBQ dbilang “gosong” aka kematengan…padahala kan well-done, meskipun item2 dikit luarnya *ngeles😀

  3. saya hanya makan daging 2 kali sebulan yaitu ketika sedang haid … kayaknya ketika itu saya merasa butuh protein hewani .. selebihnya daging bikin repot krn nyangkut di behelku hahaha …makan daging 15 menit sikat giginya bisa lebih dari 30 menit🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s