Veggie

Suka  tidak suka, pekerjaan sering membuat aku harus mempelajari dan memahami sesuatu yang baru, sesuatu yang tidak kita pahami, sesuatu yang bukan gue banget.

Contohnya, masalah vegetarian, dulu itu aku tahunya vegetarian itu tidak makan daging dan hanya mengunyah sayuran🙂

Tapi sekarang paling tidak aku sudah memahami sedikit, apa yang boleh dan tidak boleh mereka konsumsi.

 

Ovo vegetarian –  tidak mengkonsumsi telur tetapi masih mengkonsumsi dairy product ( susu, keju dan madu)

Lacto vegetarian –  tidak mengkonsumsi dairy product tetapi mengkonsumsi telur

Ovo-lacto vegetarian – tidak mengkonsumsi telur dan dairy product

Pesco vegetarian – mengkonsumsi telur, ikan dan makanan laut

Pollo vegetarian – mengkonsumsi ungas dan telur

Raw vegetarian – mengkonsumsi sayuran, buah atau kacang segar dan hanya mengkonsumsi makanan yang dimasak dalam batas suhu tertentu.

Vegan – tidak mengkonsumsi bahan makanan dari hewan, termasuk telur, susu, madu dll

 

Menjadi vegetarian menurut aku adalah pilihan, karena kesehatan tapi bisa juga karena pantangan. Pantangan karena kesehatan atau bisa juga pantangan dari apa yang diyakini.

 

Halal / Haram – buat yang Muslim

Kosher – buat Yahudi (semacam aturan halal/haram dalam Islam)

Su Vegetarian (Buddhism) – selain tidak boleh mengkonsumsi hewan juga tidak mengkonsumsi makanan yang beraroma bawang

dan masih banyak larangan dan pantangan lain dalam mengkonsumsi makanan/minuman berdasarkan agama, suku atau budaya lain.

 

Sekarang juga makin banyak aku dengar dan temui tamu yang meminta menu khusus buat mereka, yaitu menu free diet

Gluten free diet

Casein free diet

Lactose free diet

Low-carb diet

South Beach diet

Triglyceride diet

Mediterranean diet

 

Apa itu free diet yang diatas?

Ntar aja aku jelasin, mau makan siang tiba-tiba jadi pengen Big Mac🙂

 

14 responses

  1. Free diet artinya gak usah diet,heeee
    (maaf ngaco)

    AKu dulu pernah jadi Posco Vegetarian dan kayanya akan begitu lagi, karena merasa sehat dengan tidak mengkonsumsi daging apalagi daging merah….(meski jujur saya kdg suka ngiler dengn makanan2 perancis yang disugukan dr bahan dagingmerah itu,hehehe)

  2. Ngomomg2 soal vegetarian, sejumlah pihak meyakini sebagai salah satu tindakan nyata untuk mengurangi pemanasan global. Dengan menjadi vegetarian banyak energi yang bisa dihemat selama proses mempersiapkan makanan menjadi siap santap.

Tinggalkan Balasan

