Beautiful Morning

Pagi yang indah, cerah meski sedikit basah.

Pagi yang cerah untuk memanjatkan doa dan memohon agar selalu diberi kesehatan pada diri ini dan kepada semua ibu.

Selamat hari Ibu

Begitu banyak kasih yang diberi, salah satunya sarapan pagi yang selalu tersedia untukku, nasi goreng dengan telur mata sapi

Hmm…

Baiklah aku menulis tentang telur saja kali ini.

Sampai saat ini suasana restoran yang paling berkesan untukku adalah ketika breakfast, memulai kerja ketika restoran masih sepi, waiter/ess dan cook masih bisa bercanda tak lama satu per satu tamu mulai datang, senyum dan sapaan “Good Morning” menyambut mereka.

Aroma makanan mulai terasa, aroma toast bread, aroma kopi yang dituang kedalam cangkir, dan dari sudut meja aroma mentega dan telur diatas pemanggangan.

Ya, aku masih membicarakan tentang telur.

Tidak banyak perbedaan penyajian telur di hotel dengan telur yang biasa disiapkan oleh ibu di rumah. Hanya nama saja yang berbeda dan menggunakan 2 butil telur setiap porsinya.

Scramble eggs (telur orang arik)

Omelette (telur dadar) mungkin yang sedikit berbeda di hotel omelette disajikan dengan tekstur yang lembut dan sedikit terlihat lembab.

Boil eggs (telur rebus) sama juga ada yang matang atau setengah matang. Hanya di hotel disebut soft-boil, medium-boil, hard-boil. Buat beberapa tamu sudah mempunyai selera sendiri biasanya lebih spesifik dalam memesan dengan mengatakan 3 minute boil eggs atau 5 minute boil eggs

 

Poached eggs (telur rebus) kalau yang ini telur direbus tidak dengan cangkang telurnya, seperti ketika memasak mi instant dengan telur. Kalau di hotel biasanya menggunakan semacam sendok tertentu agar bentuk telurnya tidak rusak atau pecah.

Sunny Set up dan Over easy (telur mata sapi)  perbedaanya hanya sunny set up telur tidak dibalik sehingga kuning telur menjadi setengah matang, sedangkan over easy telur dimasak (dibalik) sehingga kedua sisi menjadi matang.


Selain yang diatas masih ada lagi olahan telur yang biasa disajikan ketika breakfast yaitu Egg Benedict dan Egg Florentine.

Egg Florentine mirip dengan Egg Benedict hanya yang membedakannya disini ditambah dengan sayur bayam sedangkan Egg Benedict memakai ham/bacon.

Egg Benedict sendiri berupa Engglish muffin yang diatasnya ditumpuk dengan crispy bacon dan poach egg dan hollandise sauce

 

So, jangan lupa sarapan pagi setiap hari.

Selamat hari ibu

( have to go to send a gift to my Mak..)


35 responses

  1. Ping-balik: Deviled Egg « RestaurANN

  2. sarapan itu wajib sanagt bagi ibuku , ketika masih sekolah dulu, sampai diancam segala, krn aku paling malas disuruh sarapan.
    sekarang gantian aku yg suka maksa anak2ku utk sarapan hahahaha..😀😀

    Selamat Hari Ibu utk Mak Tercinta ya Ann.
    Semoga Beliau selalu dilimpahi rakhmat dan barokahNYA ,amin
    salam

  3. ngomong2 sarapan, jadi inget dulu waktu jaman sekolah, sarapan itu harus banget, walaupun udah kesiangan dan berpotensi telat dateng ke sekolah, heheh,, sampe2 mami bilang ” hayo sarapan, awas aja kalo gak sarapan, gak dikasih uang saku dan gak bawa bekel makan jugak..!!” hiks.. bakal lapar seharian deh,, hehe,,,

    selamat hari ibu untuk mak tersayang ya mas..🙂

  4. jadi inget kata salah seorang waitres ..untuk urusan penyajian telur omelette seorang menteri paling top di Indonesia minta agar ada gosong2nya dikit ..pdhl standar internasional adalah tak boleh ada gosongnya … kali aja si Ibu menteri ini merefresh masa kecil dengan telor buatan emaknya ..

  5. duh, ibu, betapa anakmu tak pernah mampu melukiskan kerinduan ini…

    aha…, Mas Ann, betapa mantap telur2nya ini… hmmm…. jadi tambah laper…. [makasih banyak ya, Mas…, telah berbagi dengan tulisan yang asyik ini]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s