Festive Season

Minggu ini hotel/restoran sibuk dengan segala macam acara untuk menyambut musim liburan akhir tahun. Sekarang saatnya persiapan yang sudah dilakukan beberapa minggu sebelumnya akan dijalankan. Khusus untuk management persiapan bahkan sudah dilakukan beberapa bulan yang lalu, persiapan di ruang rapat. Membicarakan tema acara, perlengkapan acara, dekorasi dan hiburan, promosi ke media dan tentu saja membicarkan masalah biaya.

Malam ini acara yang pertama X’mas Eve

Christmas Eve Set Menu, khusus malam ini tidak ada ala carte menu. Paduan suara murid sekolah dasar yang mengenakan pakaian serba putih dimulai dari jam 19.00 – 20.00, kemudian dilanjutkan dengan hiburan trio akustik yang pastinya menyanyikan lagu bertema Natal.

Besok, Christmas Day

Meskipun kemarin harus kerja over time sampai dini hari, tetap saja hari ini harus kembali kerja shift pagi. Membantu dan memastikan persiapan untuk acara hari ini. Meskipun acara baru dimulai ketika makan siang dan biasanya tamu sudah mulai berdatangan sejak jam 10.00, makanya segala persiapan sudah harus selesai dan siap menerima tamu sebelum jam tersebut.

Suasananya tidak terlalu formal, lebih seperti acara keluarga. Pilihan menu juga beragam, ada menu ala carte, set menu bahkan tersedia mini BBQ khusus untuk anak-anak. Pastinya ada Santa Claus yang menjadi idola anak-anak pada siang ini, lengkap dengan hadiah kecil yang telah dipersiapkan untuk dibagi untuk anak-anak.

Acara siang ini berakhir sampai pukul 16.00, dan kemudian menanta ulang restoran untuk acara makan malam. Tidak terlalu banyak perubahan, namun karena siang ini acara keluarga yang melibatkan banyak anak-anak, area restoran menjadi sedikit berantakan.

5 hari berikutnya, tidak ada yang special selain tema menu buffet di Coffee Shop yang setiap malamnya berbeda-beda, tapi bukan berarti tidak sibuk, jumlah tamu yang datang ke restoran tetap ramai karena tingkat hunian kamar masih tinggi.

Setelah itu, New Year Eve

Seperti apa kesibukan hari ini, yang pasti sibuk luar biasa, jam kerja jangan ditanya (kerja pagi pulang pagi), capek tidak hanya tenaga tapi juga pikiran. Tawa, kecewa, marah dan bahagia semua ada malam ini.

Pesta berakhir pukul 03.00 pagi, bukan berarti kerja berakhir sampai disini. Segala sampah dan sisa-sisa kebahagian para tamu harus dibersihkan. Restoran harus kembali seperti sedia kala karena besok pagi restoran beroperasi seperti biasa.

Mata baru terpejam ketika matahari diawal tahun menampakkan sinarnya, jangan sampai terlena jam tiga harus kembali bekerja.

Kurang lebih seperti itulah rangkuman festive season 1998-2009

Tidak ada festive season tahun ini, aku bisa duduk tenang di teras depan rumah malam ini dan esok hari.

Rencana malam tahun baru?

Aku tidak tahu, sepertinya aku mau tidur-tiduran saja di rumah.

“selamat hari raya untuk teman yang merayakan, selamat tahun baru untuk semuannya”

11 responses

  1. Mudahan saya sudah lebihs ehat saat tahun baru, mamah katanya ma tetangga mau gelar tiker di alun2 liat kembang api sambil makan2…hmmm…simple but nice…😀
    selamat Tahun Baru…

  2. bekerja dengan kesibukan luar biasa demi memberikan kepuasan pada pelanggan yg menikmati pergantian tahun, pastinya luar biasa capek ya Ann.

    semoga tahun2 kedepan kita bisa bisa lebih baik lagi dlm hidup dan karier,amin
    salam

  3. Merry Christmas juga buat yang merayakan…dan Selamat Tahun baru tentunya…

    Wah, sama ney…tahun baru g ada planning apa2, ada teman ngajakin ngumpul di cafe mana gitu, tapi…ah kok kurang sreg, pinginnya acara rame2, barbecue, lomba nyanyi seperti dulu waktu di Malang..kebersamaan yang heboh…

    Hm…Bukannya jadi membosankan Mas nggak ada Festive season? hehehhe
    Tapi bisa jadi waktu buat keluarga dech….

    Selamat liburan!

  4. Saya teringat saat kerja di hotel di bilangan Tuban Kuta. Acara seperti itu sudah rutin tiap tahun dan memang semua crew harus kerja extra semua juga untuk kepuasan para tamu tapi gak enaknya, acara party tersebut selalu ending nya mabuk dan kencan. Gak tahu itu sudah status suami istri atau bukan karena mayoritas tamu yang menginap adalah tamu dari manca negara.😦 uangnya sih lumayan tapi efek di nurani ini yang membuat semua menjadi berat. Ups….. koq ngelantur dan curhat, pokok e aku ngucapkan selamat tahun baru dan natal bagi yang merayakan.😉
    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

  5. Kesibukan yang menyenangkan. Pasti rasanya puas kalau orang lain senang dengan kerja yang sudah kita lakukan…
    Kebayang repotnya, kebayang hebohnya.
    Selamat natal juga buat yang merayakan, semoga tahun baru nanti berjalan lebih menyenangkan😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s