Man Behind The Bar

 

 

 

 

 

 

 

 

Bartender

Profesi ini sama tuanya dengan Cocktail, sudah ada sejak tahun 1800an. Tugas utamanya ya jelas meracik minuman, tapi selain mencampur minuman bartender biasanya bisa menjadi sumber informasi terpercaya dan juga bisa menjadi teman curhat.

Menjadi sumber informasi terutama kalau sedang mencari informasi tentang “dunia malam” (apa istilah yang tepat ya, well you know what I’m talking about). Menjadi tempat curhat, itu pasti. Percayalah segala keluh kesah Anda -masalah kerja, keluarga atau selingkuhan- aman di tangan para bartender, semakin banyak curhat berarti semakin banyak minuman yang dikonsumsi😉

tapi jangan lupa, habis curhat kasih tips yang pantas buat bartender atau rahasia Anda disebar ke infotaiment 🙂

Bartender mempunyai peran penting dalam perkembangan cocktail beberapa nama seperti Jerry ‘Professor’ Thomas (1830-1885), meski bukan yang pertama sekali menciptakan cocktail tapi dia memberikan kontribusi penting dalam awal memperkenalkan profesi bartender salah satunya dengan  menulis dan menerbitkan buku panduan bartender ” The Bar-Tender’s Guide” 1862, yang merupakan buku manual bartender pertama.

Harry MacElhone (1890 – 1958) juga menjadi salah satu tokoh penting di bar, melalu tanganya muncul beberapa cocktail seperti Bloody Mary, Side Car, Between the Sheet dan dilanjutkan oleh anaknya Andy MacElhone dengan kreasinya Bloo Lagoon Cocktail.

Selain itu nama-nama seperti Dale DeGroff, Dick Bradsell, Alex Kammerling, Simon Diffords, Ray Folley dll juga cukup dikenal dalam dunia bar. Simon Diffords sendiri mungkin lebih dikenal sebagai penulis dan penerbit dari buku diffordsguide (sebelumnya sauceguide), buku diffords guide sendiri sudah terbit beberapa edisi dan menjadi salah satu buku panduan untuk bartender saat ini. Sedangkan Ray Folley selain sebagai salah satu Legends juga merupakan orang yang mendirikan Bartender Magazine.

Bar Flair / Juggling

Beberapa orang mengganggap kemampuan bartender selain dari mencampur minuman juga harus memiliki kemampuan bar flair / juggling.

Istilah bar flair bisa diartikan sebagai sebuah gerakan yang menghibur dalam melayani tamu di bar, bisa dengan cara menyajikan minuman, menghidupkan korek/rokok, menuang minuman dan lain lain sedangkan  juggling disini  bisa diartikan sebagai atraksi lempar tangkap botol (bukan lempar-lempar botol).

Bar Flair pertama sekali dilakukan oleh Jerry Thomas, dimana dia ‘bermain’ dengan whiskey dan api, dan kemudian di tahun 70an bar flair terus berkembang dan semakin dikenal secara internasional setelah munculnya film Cocktail (Tom Cruise) pada tahun 1988.

Juggling sendiri mungkin bisa dibedakan menjadi dua bahagian, hiburan/kompetisi dan operasional

Juggling untuk tujuan hiburan/kompetisi biasanya akan lebih menarik untuk dilihat karena disini bartender akan menunjukkan kemampuan terbaik dari mereka dalam bermain-main dengan botol, cocktail shaker dan gelas. Termasuk bermain dengan 2-3 botol dan permainan api.

Sedangkan di operasional sehari-hari, sebenarnya cukup jarang seorang bartender akan melakukan juggling seperti ketika mengikuti kompetisi, umumnya gerakan yang akan dilakukan hanya sebatas 1- 2 gerakan. Karena pada dasarnya juggling hanya akan memperlambat proses penyajian minuman.

Dari segi rasa, akan jelas terlihat perbedaannya. Minuman yang dibuat dengan cara biasa akan terasa lebih enak dibanding dengan minuman yang dibuat ketika bartender melakukannya dengan juggling namun biasanya tamu tidak lagi mempermasalahkan rasa minuman karena sudah terhibur dengan pertunjukkan botol yang diperagakan oleh bartender.

Mixiologist

Istilah ini masih baru saja muncul dan umumnya mereka adalah para bartender yang kemudian memilih untuk bekerja di belakang layar, tugas utamanya adalah bereksperiment dan berkreasi untuk menciptakan minuman baru. Selain itu tenaga mixiologist juga sering dipakai untuk membuat daftar minuman dan memberi pelatihan kepada bartender.

 

Cukup sampai disini dulu, ya

Aku mau melanjutkan belajar bikin Wedang Ronde

 

32 responses

  1. Hmmm…. nambah info nih, pernah liat bartender yang lagi atraksi, wkakakkaka…saya alah bengong, pas dia tanya, mau nimum apa? saya jawab dengan cupu-nya: COKE

    Wauakakakakakkak…

    Si bartender langsung stop akrobat, dan ambil gelas plastik diisi coke😀

  2. Performance Jugling dari cewek2 seksi, sensual dan hot dalam Film Coyote Ugly emang kereeennn banget! Tapi saya belum pernah liat directly gaya Bartender melakukan jugling.. Sekalian curhat dan menikmati Bloody Mary Cocktail or Singapore Sling…

  3. wah mantap nih sob dulu sewaktu aku sekolah diperhotelan salah satu cira2ku adalah menjadi Bartender,tapi kenyataanya lain anak perhotelan malah berkecimpung di dunia IT.

    Salam

  4. wow … saya pertama kali liat langsung bartender lempar2 botol ketika kesasar ke sebuah club malam Blowfish (yg pernah jadi hot news krn ada pertempuran 2 geng) .. pdhl saat itu 1 jam lagi club baru beroperasi ..(kali dia lg latihan ) …ya iya lah buka jam 11 saya udah muncul jam 10 (namanya juga kesasar) .. rasanya amazing banget .. pokoknya one day saya harus datang lg ke sana ..untuk nonton juggling .. tapi minuman yg hasil2 lempar tapi non alkohol apa ya ? ..

  5. Kalau botolnya jatuh bukan hanya dibuang ke tong sampah tapi juga potong gaji.
    Saya sebenarnya ingin mencoba jadi bartender, karena gerakan juggling itu kok keren banget ya. Dulu jaman2 suka dugem, selalu suka lihat gaya bartender…

  6. Juggling itu … akrobat dengan botol itu kan Ann …
    Saya suka merinding kalau melihat Bartender beraksi dengan Botol-botolnya … (kalo pecah gimana coba ..)(hehe)

    Dan saya sering lihat …
    Banyak anak-anak muda … para waiter … berlatih juggling ini dengan botol air mineral …
    Mungkin mereka mempunyai impian untuk menjadi Bartender … suatu saat nanti…

    Salam saya Ann

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s