Mengenal Wagyu

Sebelumnya aku sudah pernah menulis tentang proses memasak daging dan diakhir tulisan tersebut aku ada menyebutkan daging Wagyu dan kali ini aku ingin memenuhi janji dan mengajak Anda untuk mengenal Wagyu lebih dekat, daging sapi kualitas terbaik.

Wagyu (wa-gyou) berasal dari bahasa Jepang yang dalam bahasa Indonesia diartikan menjadi sapi Jepang atau ternak dari Jepang. Sapi  ini memang pertama sekali dikembangkan dari negara matahari terbit tersebut hanya saja keterbatasan area perternakan membuat Wagyu tidak lagi hanya berasal dari Jepang tapi juga telah diternakkan di Australia, Selandia Baru dan Amerika.

Kelebihan daging Wagyu dibangingkan dengan daging sapi lainnya adalah tekstur dagingnya yang lembut. Bahkan disebuah artikel tentang restoran yang menyajikan daging Wagyu sebagai menu andalannya mendeskripsikan kelembutan daging Wagyu dengan kalimat “melt in your mouth”.

Kelembutan daging Wagyu bisa jadi berbeda-beda, sesuai dengan grade daging yang digunakan, salah satu point penilaian perbedaan grade daging Wagyu biasanya dilihat dari marbling pada daging tersebut atau disebut Base Marbling Standard (BMS)

Marbling sendiri merupakan  corak putih (lemak) yang terdapat pada potongan daging.

Marbling pada daging merupakan hasil dari perawatan dan pemeliharaan sapi secara khusus termasuk pengaturan pola makan dan menu makanan sapi.

Marbling tersebut hanya terlihat ketika daging tersebut dalam kondisi mentah, sedangkan ketika telah diproses (masak) maka tidak akan terlihat lagi.

Semakin banyak atau padat marbling semakin baik kualitas daging tersebut.

 

BMS dibagi menjadi 1 – 12 , dimana BMS # 12 adalah kualitas yang terbaik, meskipun di Indonesia sejauh ini BMS tersebut jarang ditemui. BMS terbaik yang sering dipakai adalah Wagyu BMS  # 9.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Selain karena kelembutan daging, Wagyu juga dipercaya baik untuk kesehatan karena kaya dengan kandungan Omega 3 dan Omega 6 fatty acid mengandung lebih banyak monounsaturated fats yang katanya berguna untuk menurunkan kolesterol (?)

Berhubung aku bukan ahli gizi dan kesehatan jadi aku tidak tahu pasti apakah daging Wagyu bebas kolesterol atau bahkan menurunkan kolesterol, satu yang pasti daging Wagyu memang empuk.

Selain Wagyu masih ada lagi yang namanya Kobe, perbedaanya daging yang boleh disebut Kobe beef hanya sapi yang lahir, dirawat dan dipotong di Kobe, Jepang.

Sekedar informasi

Seporsi Grilled Wagyu Beef (200 gram) di Bali harganya berkisar 280 – 350 ribu

Sedangkan harga di supplier BMS # 6 – 7 Rp 600 – 650 ribu / kg

Sekedar tips

Selalu tanyakan BMS Wagyu yang dipakai ketika memesan Wagyu di restoran.

Ketika memesan Wagyu sebaiknya minta dimasak Medium Rare atau Medium, karena lebih dari itu Anda sama sekali tidak bisa menikmati sensasi rasa Wagyu yang sebenarnya.

Tertarik untuk mencoba Wagyu?

30 responses

  1. Ping-balik: Mengenal Wagyu | Nyobidodol

  2. Waaahhh …
    Wagyu ini memang enak bener …
    Empuk …
    Dagingnya enak …

    Dan saya baru tau kalau dimasaknya sebaiknya Medium Rare … (dan jangan welldone) agar sensasi dagingnya lebih kerasa …

    Yang jelas Wagyu itu harganya mahal ya Ann

    Salam saya Ann

  3. Kalau sedang musim dingin pasti deh dalam seminggu satu kali ngelahap Wagyu buat bikin yakiniku.. Enak banget memang rasanya.. Tapi bikin cepet eneug… Dan kalau direndang malah bikin nambah makan dagingnya…😀
    Oya, ada juga wagyu dari Brazil, tapi tekstur dagingnya lebih keras..

  4. Saya pernah coba beberapa grade wagyu di Y&Y, harganya beda mahalnya tapi kayaknya rasanya gak jauh beda. Maksudnya ya betilah hehehe…
    Tapi ya memang klo udah biasa makan daging enak gitu makan di Obong misalnya, langsung kayak kebanting. Belagu banget ya, padahal biasa di rumah juga makan empal agak keras😀

  5. Tapi orang2 madura apa tahu tentang daging wagyu pak😕 aku takutnya kalau ditangan mereka pasti cuma di dapat satu masakan. Te… sateeeeee…. tak iye……..😆

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s