Tahu Oyster

Setelah menikmati Kerang Rebus Medan saatnya berkenalan dengan saudaranya yaitu Oyster, yang sering memasak dan menikmati Chinese food pasti tahu oyster sauce.

Tapi apakah sudah pernah memakan Oyster? Kalau belum pernah, disini ada beberapa informasi tentang oyster dan bagaimana menikmati makan oyster.

Pertama sekali harus dibedakan dulu bahwa oyster penghasil mutiara berbeda dengan oyster yang untuk dimakan. Pearl Oyster berasal dari keluarga Pinctada, sedangkan Edible Oyster (yang bisa dimakan) berasal dari keluarga Ostreidae.

Jadi memakan Pinctada rasanya tidak akan seenak memakan Ostreidae dan menemukan mutiara pada Ostreidae pasti tidak akan laku dijual🙂

Oyster sama seperti jenis kerang lain kaya dengan kandungan protein, iron, magnesium, calcium, zinc dll, namun tidak sedikit juga orang yang alergi atau dilarang mengkonsumsi kerang karena alasan kesehatan.

Ostreidae oyster ada beberapa jenis:
Pasific, Kumamoto, Virginia/Atlantic dan Flat Oyster (Badon atau European)

Oyster lumayan sulit untuk ditemukan dipasar atau swalayan, kalaupun ada lebih sering dijumpai adalah daging oyster yang sudah dijual tanpa cangkang dan daging ini harus dimasak terlebih dahulu, tidak baik kalau dimakan mentah.

Oyster dimakan mentah?
Ya, di restoran biasanya disebut dengan oyster on the half shell bisa dimakan langsung atau dengan menambahkan perasan lemon, Tabasco sauce atau seasoning lain.

Bagaimana cara memakan raw oyster?

  • Smell – tidak ada salahnya untuk memastikan oyster tersebut masih fresh, terutama apabila oyster tersebut disajikan dalam meja buffet.
  • Touch – oyster yang disajikan akan ditemani dengan sebuah oyster fork (garpu kecil), kegunaannya adalah untuk memastikan kalau daging oyster tersebut posisinya tidak lagi lengket dengan kulit.
  • Taste – setelah memastikan oyster masih segar dan dagingnya tidak lengket dengan kulit, silahkan menambahkan perasan lemon, sauce atau condiment lain atau menikmatinya tanpa tambahan apa-apa
  • Eat – dekatkan kulit oyster ke bibir dan kemudian slurp, dan jangan langsung ditelan tetapi dikunyah.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berapa harga oyster?

Membeli langsung di supplier jelas lebih murah daripada di restoran. Kisaran harga oyster di restoran Rp 30,000 – Rp 60,000 per satu biji.

Hahh, kalau harga di suppier?
Sekitar Rp 10,000 – Rp 20,000 per biji. Tapi harus diketahui juga cara penyimpanan dan pasti juga harus tahu cara membuka oyster tersebut.

Bagaimana cara menyimpan oyster?
Oyster segar harus disimpan dalam kulkas 5 – 10 celcius dan disimpan antara 4 – 7 hari.

Cara membuka oyster?
Kalau pernah merasakan untuk membuka kerang rebus cukup merepotkan, maka membuka oyster 10 kali lebih sulit dan lebih beresiko. Harus menggunakan oyster knife atau pisau yang didesign khusus untuk membuka oyster dan tentu ada tekniknya.

Bagaimana dengan oyster yang sudah dikupas?
Iya, seperti yang tadi disebutkan, daging oyster harus dimasak terlebih dahulu sebelum di makan.

Punya resep cara memasak oyster?
Silahkan kunjungi blog berbahasa Inggris oysterrecipies.blogspot.com.

Kalau blog tentang tips makan dan minum?
Anda sedang membuka blognya saat ini.
Terima kasih😀

27 responses

  1. waktu berlibur ke korea bbrpa waktu yg lalu, aku dan anakku, malah bisa menikmati oyster dipinggir jalan, di kaki lima ,..
    dan, ketika dimakan mentah, benar2 maknyusss……
    kok bisa ya gak kerasa amis gituh An ?
    salam

  2. Ow… aku pernah nih mas. di chinese buffet! tapi sudah masak kayanya, udah ada campuran keju ma apa gt.. tapi masih dengan kulitnya itu…nyummy… cuma kerasa kayanya kolesterol banget, wkakakakak…

  3. ketika melihat oyster di buffet … saya ambil 5 keping .. bawa ke meja .. ambil jeruk nipis dicucuri ..tarik dagingnya dgn garpu .. lirik kiri kanan ..hupla .. maka berpindahlah cangkang oyster ke tisu dan gerakan cepat menutupi tisu dgn lengan .. dan dagingnya tinggalkan di piring hehehe … krn saya kolektor cangkang kerang🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s