Bar Mu

Ada satu yang menarik perhatian aku setelah beberapa kali berkunjung ke beberapa rumah temanku.

Tidak tahu mereka dapat ide dari mana, hampir disemua rumah memiliki meja bar (bar counter) yang dipakai sebagai pembatas dapur dengan ruang tamu atau ruang keluarga.

Tapi sepertinya meja bar tersebut hanya berfungsi sebagai pembatas ruang, tidak difungsikan sebagai meja untuk meletakkan makanan atau tempat menyajikan minuman, seperti di hotel dan restoran.

Padahal pasti seru kalau sesekali, mengundang teman dan kemudian menjamu mereka dari belakang meja bar tersebut. Ide ini pernah aku sampaikan kepada mereka dan jawabnya adalah ‘gak punya stock (minuman) alkohol’ dan ‘tidak semua orang minum alkohol (cocktail)’

Sebenarnya tidak salah juga kalau mereka itu beranggapan kalau bar itu identik dengan cocktail dan minuman beralkohol tapi bukan berarti tidak bisa menyajikan minuman lain, apalagi di rumah sendiri.

Bar mu, minuman mu.

Sebelum mulai mencoba meracik minuman, lihat dulu peralatan yang dibutuhkan untuk sebuah bar (yang mungkin jarang didengar atau belum pernah tahu sebelumnya).

Cocktail Shaker

Ada dua jenis cocktail shaker

  • Boston Shaker

Hotel dan restoran biasanya menggunakan jenis shaker ini dan bartender juga lebih senang bekerja dengan menggunakan Boston Shaker biar bisa dipakai  juggling.

Kelebihan lainnya adalah glass pada boston shaker juga bisa dipakai sebagai mixing glass.

Selain itu dari segi proses pembuatan minuman dengan menggunakan Boston Shaker terkesan lebih profesional untuk di restoran.

  • Cobbler Shaker (Standard Shaker)

Terdiri dari 3 bahagian, tin, strainer dan cap. Kelebihannya adalah tersedian dalam beberapa jenis ukuran dan untuk dipakai di rumah disarankan menggunakan jenis shaker ini.

Hawthorn Strainer (Cocktail Strainer)

Kalau menggunakan Boston Shaker maka saringan ini wajib dimiliki sedangkan apabila memakai Cobbler Shaker tidak terlalu dibutuhkan karena pada Cobbler Shaker sudah ada saringannya.

Stainless Stell Tea Strainer

Proses penyaringan dengan menggunakan saringan teh (di bar) disebut dengan istilah fine strain atau double strain.

Kegunaannya adalah untuk menyaring ampas dari bahan (buah) yang dipakai dalam membuat minuman.

Long Bar Spoon

Sendok dengan ukuran 20-25 cm dipakai di bar untuk mengaduk minuman atau untuk menggambil buah dari jar (maraschino cherry atau cocktail olive).

Ada dua jenis long bar spoon yang umumnya dipakai di bar, yanga salah satu ujungnya berbentuk garpu dan yang berbentuk datar.

Untuk jenis yang salah satu ujungnya datar bisa juga dipakai untuk menumbuk bahan yang lembut seperti daun mint, leci atau buah berry.

Selain itu long bar spoon juga sangat membantu dalam membuat minuman bertingkat-tingkat (layer style).

Jigger

Alat pengukur yang dipakai di bar. Umumnya terdiri dari dua sisi yang masing-masing berukuran 15 ml / 30 ml atau 25 ml / 50 ml.

Tapi sekarang juga sudah ada measure spoon set yang lebih lengkap dan untuk keperluan rumah tangga aku lebih sarankan menggunakan yang satu ini karena bisa digunakan untuk kegiatan masak-memasak.

Muddle Stick

Tongkat ini dipakai untuk menghancurkan buah yang akan dipakai dalam membuat minuman, atau disebut juga dengan proses muddling.

Minuman yang cukup popular menggunakan proses muddling antara lain Mojito, Capirosca dan Capirinha.

Blender

Alat yang satu ini tidak perlu dijelasakan lagi cara dan fungsinya.

Satu hal yang selalu perlu diingat dalam membuat minuman dengan blender adalah selalu menuangkan bahan cair terlebih dahulu dan potongan es dimasukkan terakhir dan juga selalu menghidupkan blender mulai dari putaran paling rendah sebelum meningkat ke putaran yang tinggi.

Selain yang diatas tentunya masih ada beberapa peralatan lain yang diperlukan seperti pembuka botol, pembuka kaleng, dan lainnya yang dijamin memang sudah ada di dapur setiap rumah.

 

 

 

 

 

 

 

 

    31 responses

    1. lam kenal pa aan..saya bekerja di sebuah restaurant,,posisi saya sbg barista,,dan saya ingin mengenal banyak tentang ilmu barista/bartender,,karena saya ingin membuka usaha minuman,,namun klau saya tidak mengerti percuma,,mohon bantuannya pak

    2. Mas Ann, wkakakakak… Thanks for adding me!

      Ok, aku baru ngeh kalo kita pake blender harus dengan kecepatan rendah dulu, hihiihhii.. aku kalo blender pop ice langsung2 aja, wkakakka… *ngerusakin blender mamah.com

    3. Ping-balik: Membuat Minuman « RestaurANN

    4. terimakasih Ann sudah menurunkan tulisan ini, jadi bisa menambah ilmu dan wawasan mengenai pernak pernik perlengkapan bar .
      setuju Ann, bar dirumah,kalau memang ada, gak mesti harus menyajikan minuman beralkohol kok ya🙂
      beraneka ragam rasa dan warna sirup pun bisa menarik bila disajikan
      salam

    5. penasaran dgn muddle stick .. ini kayak mixer versi tongkat ya ? soalnya liat di tv commercial, ada jualan beginian .. katanya bisa spt pengganti blender tapi ini lebih bagus krn tingkat kehancuran buah bisa diatur .. biar seratnya dapat juga gak sekedar jadi air doang …

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s