Membuat Minuman

Melanjutkan tulisan sebelumnya. Kali ini tentang cara membuat minuman.

Cara membuat minuman cukup mudah kalau dibandingkan dengan proses masak-memasak dan pastinya tidak harus berpanas-panasan di dekat kompor.

Yang terpenting adalah kecepatan dan ketepatan dalam menakar minuman.

Beberapa cara membuat minuman adalah:

  • Pour
  • Blend
  • Stir
  • Shake and strain
  • Layer
  • Muddle

Pour

Semua orang juga bisa, tinggal menuangkan seluruh bahan kedalam gelas dan siap untuk disajikan.

Blend

Cara yang ini juga tidak perlu banyak penjelasan, sudah biasa juga dilakukan semua orang di rumah, yang penting adalah selalu memasukkan potongan es terakhir sekali biar blender nya awet dan tidak cepat rusak.

Stir

Mengaduk minuman bisa dilakukan langsung pada gelas atau bisa juga dilakukan di mixing glass dan kemudian disaring dan dituang kedalam gelas yang akan dipakai untuk menyajikan minuman.

Tujuan utama dari proses mengaduk ini adalah untuk mencampur seluruh bahan secara merata dan juga untuk melarutkan potongan es. Proses pengadukan minuman dilakukan perlahan agar potongan es tidak pecah.

Proses stirred banyak dipakai dalam membuat beberapa classic cocktail seperti; Martini, Manhattan, Old Fashioned dll

Kelihatannya mudah tapi sebenarnya tidak gampang terutama kalau sedang membuat minuman classic, terlalu lama mengaduk minuman bisa membuat minuman jadi hambar atau watery karena terlalu banyak air (es yang terlarut)

Shake and strain

Menyebut bartender pasti tidak terlepas dengan proses pembuatan minuman yang satu ini, shake and strain.

Tujuan dari mengocok minuman dengan cocktail shaker adalah untuk mencampur dan mendinginkan bahan yang dipakai untuk membuat minuman.

Urutan kerjanya adalah menuangkan seluruh bahan ke dalam mixing glass dan kemudian terakhir masukan potongan es.

Beberapa bartender sering memasukkan potongan es terlebih dahulu namun sebaiknya cara ini tidak diikuti, alasannya apabila es diletakkan terlebih dahulu maka es yang mencair terlalu cepat membuat hasil akhir minuman menjadi hambar.

Setelah seluruh bahan masuk maka siap untuk dikocok (kurang lebih selama 10 detik) setelah itu campuran disaring dan dituang ke dalam gelas yang telah diisi penuh dengan potongan es (yang baru).

Mengisi penuh gelas dengan es bertujuan untuk mempertahankan rasa dari minuman tetap terjaga dan tidak menjadi hambar setelah disajikan.

Layer

Pernah melihat minuman yang disajikan terdiri dari beberapa tingkatan warna yang tidak tercampur?

Minuman tersebut dibuat dengan cara layer, atau menuang setiap bahan diatas bahan yang lain, cara ini cukup sulit dan membutuhkan kesabaran. Biasanya dilakukan dengan menggunakan bantuan long bar spoon, yaitu dengan cara mengalirkan bahan melalui tangkai sendok secara perlahan.

Tips untuk membuat minuman bertingkat ini adalah selalu menuangkan bahan dengan kadar gula lebih banyak terlebih dahulu dan bahan dengan kadar gula lebih sedikit diatasnya.

Muddle

Beberapa minuman juga menggunakan proses muddling atau menumbuk buah untuk mengambil sari buahnya setelah itu dilanjutkan dengan proses shake atau stir. Salah satu cocktail yang dibuat dengan cara ini adalah Mojito.

Garnish

Kalau minuman sudah selesai diracik, sentuhan terakhir adalah menambahkan hiasan atau garnish pada minuman. Selain bertujuan untuk mempercantik penampilan, garnish juga dipakai untuk menambahkan rasa pada minuman.

Umumnya garnish yang dipakai adalah potongan dari buah yang dipakai sebagai bahan utama seperti potongan jeruk, melon, nenas dll. Sedangkan garnish yang biasa dipakai sebagai penambah rasa adalah kulit jeruk/lemon, olive, cherry dll.

Sebaiknya garnish yang dipakai adalah dari bahan yang aman untuk dikonsumsi.

Selamat mencoba

Cheers

17 responses

  1. Layer, identik dengan minuman yag tidak tercampur-camour. Koqjadi seperti photoshop yang ada layernya dan supaya tidak nyampur antara gambar satu dengan lainnya😆

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s