Rendang

Sepertinya belakangan ini aku tidak bisa lepas dari olahan daging yang satu ini.

Dua minggu yang lalu tiba-tiba saja si Nyonya rumah mencoba memasak rendang untuk pertama sekali dan ini diluar kebiasannya, soalnya prinsip si Nyonya dalam memasak adalah simpel, selesai dalam waktu singkat dan hasilnya dijamin nikmat.

Jelas rendang bukan jenis masakan yang simpel dan selesai dalam waktu singkat namum ternyata si Nyonya cukup berhasil meskipun tidak persis sama dengan yang di warung Padang tapi kalau dari segi rasa boleh diadu.

Keberhasilan dipercobaan awal yang juga berhasil menjadikan rendang sebagai menu utama selama 3 hari puasa kali ini.

Bicara tentang rendang, baru-baru ini CNN Go mengeluarkan World’s 50 Most Delicious Food  dan Rendang berada di urutan 11, waktu pertama sekali dengar berita ini, perasaan biasa aja dan tidak terlalu tertarik untuk mencari tahu dan membaca langsung dari sumbernya.

Baru hari ini aku coba mencari dan membaca daftar tersebut dan kecewa…

Kecewa karena ternyata masakan Indonesia yang masuk daftar ya cuma Rendang itu.

Kecewa karena Singapore dan Vietnam masing masing ada dua masakan masuk dalam daftar (Chicken Rice #45 / Chili Crab #35) dan (Goi-summer roll) #30 / Pho # 28)

Kecewa karena meski Malaysia memang hanya satu makanan yaitu Penang Assam Laksa tapi ada di urutan 7 sedangkan Thailand berhasil memasukkan 4 makanannya ke dalam daftar termasuk yang berada diurutan pertama (Som Tam #46/ Nan Tok Moo #19 / Tom Yum Goong # 8 dan Massaman Curry # 1)

Dan yang lebih mengecewakan lagi karena sepertinya daftar yang dibuat tersebut tidak benar-benar dibuat dengan serius.

Siapa yang bisa terima kalau dengan begitu banyaknya pilihan makanan nikmat di Indonesia dan lebih banyak lagi dari seluruh negara di dunia ternyata tidak masuk dalam daftar tapi potato chips, ketchup, fish n chip dan donuts masuk dalam daftar.

Ketchup? As world most delicious food  # 39?

Entahlah, sekali lagi ini membuktikan kalau selera orang jelas berbeda-beda, sekaligus membuktikan kalau daftar CNN Go ini sepertinya tidak perlu terlalu ditanggapi serius sama seperti yang membuat daftar ini yang juga tidak serius dalam memilih makanan.

Yang perlu diseriusin adalah harus tetap promosiin masakan Indonesia biar dunia tidak cuma tahu masakan Indonesia itu hanya Rendang, Nasi Goreng, Bakso dan Sate doang.

Oya satu lagi tentang rendang, Om William Wongso lagi bikin kompetisi Menu Kreatif Rendang Padang William Wongso Series, jadi yang merasa tertarik silahkan coba.

14 responses

  1. Mestinya ada soto, sayur asem, dll yang masuk daftar ya😀
    Memang daftarnya rada aneh sih. Katanya daftar makanan, tapi saus kok juga makanan. Padahal kan saus gak bisa dimakan sendiri, pasti merupakan cocolan atau dicampurkan pada makanan😀

  2. iya, ini hanya masalah promosi. sebenarnya rendang lebih enak dari makanan malaysia, singapore dan thailand. belom coba rendang sandwich? maknyuuuuuuuusssss banget. tidak menyangka kalau kuah rendang bisa bersatu dengan daun lettuce, tomat dan saos mayonnaise …

  3. dejavu, udah berapa hari ini pengen masak rendang, tapi momennya ga pas, karena daging lagi mahal😦
    sepertinya tunda dulu deh😀

    kira2 kita bisa melayangkan protes ke mana itu ya biar nasi goreng dan teman2nya didaftarin? *gaya hahaha*

  4. Saya pernah lihat di tipi, Pak Wongso udah cukup lama gencar mempromosikan rendang ke banyak negara. Rendangnya rendang asli, yang cara pembuatannya lamaaa banget, bukan pake bumbu instan.😀 Luar biasa.🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s