Clean As You Go

Kalimat Clean As You Go ini sering sekali diucapkan atau didengar di dapur restoran; kalau sudah selesai dipakai langsung dibersihkan dan disimpan ditempatnya.

Departemen lain juga mungkin sama, front office, houskeeping, engineering, security, cuma kalau disitu kalau ada kejadian satu orang gak beres-beres setelah memakai suatu barang palingan bikin orang lain kesal dan mengumpat.

Staff maintenance misalnya, ketika lagi mau memperbaiki sesuatu tenyata peralatan yang mau dipakai gak ada dalam kotak atau lemari, kesal, bisa-bisa isi gudang jadi hancur berantakan.

Di kantor depan waktu resepsionis cantik mau pakai mesin fotokopi ternyata ada kertas yang sangkut di dalam mesin, kesal, bisa-bisa semua kertas dikunyah habis.

Security yang tugas malam misalnya, giliran pas mau keliling lapangan ternyata batere senter belum diisi ulang, kesal kan bisa-bisa semua orang ditendang gak cuma suster ngesot aja.

Tapi kalau di dapur restoran urusannya gak cuma bikin kesal dan gigi copot tapi bisa sampai ke urusan pengadilan dan nyawa karena bersentuhan dengan bahan makanan yang akan dikonsumsi orang.

Di dapur rumah juga sama malah harus lebih ekstra lagi terutama dengan peralatan dan karena kalau ada anak kecil di sekitar dapur.

Jangan sampai pisau yang baru dipakai memotong bawang diletakkan sembarangan jadinya melukai tangan.

Jangan sampai minyak panas dalam wajan tumpah keseluruh badan.

Pokoknya jangan sampai acara masak-masak keluarga yang seharusnya bahagia menjadi duka.

Masak-memasak gak cuma potong, tumis, goreng, kukus, rebus dan disajikan tapi juga termasuk bersih-bersih dan merapikan dapur dan peralatan masak.

Sekedar tips untuk proses masak-masak di rumah

  • Bersihkan area dapur sebelum memulai kegiatan masak.
  • Siapkan bahan yang mau dimasak secukupnya, sisanya langsung disimpan pada tempatnya.
  • Ketika mengambil bahan dari dalam kulkas manfaatkan juga untuk sekalian mengecek kondisi stok makanan di dalam kulkas.
  • Siapkan dua tempat/plastik sampah (kering dan basah) sebelum mulai memotong bahan makanan.
  • Cuci tangan sebelum dan setelah menyentuh setiap bahan makanan yang berbeda.
  • Segera cuci telenan setelah digunakan, terutama setelah memotong daging.
  • Segera dipungut, disapu dan dipel kalau ada bahan yang jatuh atau tumpah dilantai.
  • Manfaatkan waktu menunggu masakan matang sambil membersihkan area dapur dan peralatan yang sudah tidak akan dipakai lagi.
  • Kalau memasak bersama anak kecil pastikan peralatan masak jauh dari jangkauan mereka atau selalu dampingi mereka selama di dapur.
  • Selalu ajari anak-anak proses masak-memasak dari tingkat yang paling dasar, bersih-bersih dapur dan peralatan masak. 

9 responses

  1. Oh ya .. ntar ku uploadkan postingku ttg balita dan sakit tipus ya … salah satu penyebab tipus adalah kurang bersihnya alat memasak, tidak hanya ttg kebersihan bahan masakan saja yang penting ..

  2. Info yg sangat berguna. Dan aku setuju: Masak-memasak gak cuma potong, tumis, goreng, kukus, rebus dan disajikan tapi juga termasuk bersih-bersih dan merapikan dapur dan peralatan masak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s