Apple Pie No Crust

Kalau ada tulisan tentang makanan di blog, mungkin komentar yang paling sering adalah “kelihatannya enak, jadi kepingin, lihat gambarnya langsung laper”.

Kalau aku, sepertinya mungkin gak kasih komentar seperti itu, soalnya kalau ada tulisan tentang makanan yang menarik yang langsung terpikir adalah “kira-kira aku bisa buat gak ya?”

Seperti kemarin itu setelah baca tenatng Sambal Jahe, kepingin buat Sambal Jahe, meskipun jadinya malah Sambal Kemiri.

Ternyata habis Sambal Jahe ketemu Bunda yang lagi cerita tentang Pie diawali dengan sebuah pertanyaan “Mendengar kata Pie, apa yang langsung Anda pikirkan?”  aku langsung menjawab Apple Pie.

Setelah itu aku gak konsen lagi dengan cerita Pie nya, langsung mikir sambil mengingat-ingat “kira-kira bahannya ada di dapur gak ya? Kapan ya waktu yang pas untuk bikin Apple Pie?” dan ternyata waktu yang tepat itu adalah Sabtu, 31 Desember 2011 pukul 21.30.

Itu artinya Apple Pie adalah menu makanan terakhir ku di 2011.

Apple Pie yang aku buat adalah versi yang paling simple  Apple Pie No Crust, gak pakai kulit. Selain karena simple aku juga gak pinter masak atau mengolah bahan yang pakai adonan tepung-tepungan.

Apple Pie tanpa kulit ini sudah pernah aku buat beberapa bulan yang lalu cuma waktu itu hasilnya mengecewakan, “rasanya gak jelas” mengutip komentar istriku setelah mencoba hasil Apple Pie waktu itu.

Tapi untuk kali ini sepertinya aku sudah menemukan jawaban dari kegagalan yang pertama, salahnya ada di jenis apel yang dipakai. Waktu yang pertama aku memakai apel Granny Smith yang rasanya memang lebih asam dibanding jenis apel yang lain, dan untuk percobaan kedua aku coba pakai apel Fuji dan ternyata hasilnya tidak mengecewakan.

Granny Smith atau Fuji Kedua sebenarnya cocok-cocok aja untuk dibuat Apple Pie tinggal masalah pas tidaknya dilidah masing-masing orang saja dan kalau mau tahu lebih banyak tentang jenis dan karakter apel lihat di Recipe Tips ini.

Ok, ini dia Resep Apple Pie No Crust – untuk satu porsi

Bahan-bahan dan cara buatnya

  • 2 buah apel Fuji
  • 1 sdt bubuk kayu manis
  • 1 sdt bubuk pala
  • 2 sdm gula pasir
  • 1 buah jeruk lime
  • Vanilla ice cream
  • Kupas buah apel dan potong dadu taruh dalam mangkok.
  • Taburkan seluruh bahan rempah-rempah kedalam mangkok berisi apel dan aduk sampai rata.
  • Panaskan wajan yang dioles dengan sedikit mentega.
  • Masak apel yang sudah tercampur dengan rempah-rempah dengan api sedang.
  • Aduk-aduk sampai apel agak lembut.
  • Angkat dan sajikan di piring dengan vanilla ice cream diatasnya.
  • Tampilannya seperti gambar di bawah ini

 

“Rasa sudah Ok tapi cara penyajiannya masih bisa lebih menarik lagi, tolong diperbaiki”

“Terima kasih untuk komentarnya Chef, saya akan berusaha lebih baik lagi…hiks”

 

6 responses

  1. link web jenis2 apelnya mantap kali ya … ternyata ada berjenis2 apel lengkap dengan checklist cocoknya dibuat apa tiap tiap apel itu ya ………secara selama ini awak cuma ngertinya 2 apel : apel malang dan apel washington .,..:)

  2. waktu masih sekolah dulu pernah praktek bikin makanan “devil pan cake” resepnya mirip sama pie apel tanpa kulit ini, cuma adonan apel ini dibungkus sama (sejenis) adonan dadar gulung (warna putih). tapi yang dipake apel granny biar rasanya seger.

    ngeliat ini, jadi pengen bikin juga hehehehe….

  3. ha..ha.. bener tuh.. komen kalau soal makanan ya itu2 aja….

    masalahnya .. apel Fuji itu dimakan gitu aja enak, apalagi dibuat seperti ini, tambah es krim pulak… mantaplah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s